Sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri (PTN) penyelenggara Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTJJ), Universitas Terbuka (UT) tak henti berinovasi. Menghadapi era disrupsi dan menyongsong revolusi industri 4.0, pada Jumat (27/7) UT menggandeng empat Perguruan Tinggi di Bali untuk bekerja sama, diantaranya: Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Mahasaraswati, serta Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Primakara. Dituangkan dalam nota kesepahaman, sesuai dengan arahan dari Kemenristekdikti, guna meningkatkan target angka partisipasi kasar (APK) 40 persen di tahun 2020 terutama di Provinsi Bali, UT sebagai pelopor pembelajaran daring di Indonesia selama 34 tahun, membagikan ilmu yang dimiliki dalam bentuk kerjasama penyelenggaraan program distance education melalui online learning.

Dalam sambutannya, Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph,D mengatakan bahwa perguruan tinggi konvensional tatap muka, tidak mungkin menerima jumlah mahasiswa yang besar karena terkait dengan rasio dosen dan mahasiswanya, perkuliahan di ruang-ruang kelas dengan interaksi antara dosen dan mahasiswa dapat terbantu dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, dan UT akan berbagi serta bekerjasama mengenai penyelenggaraan pendidikan jarak jauh guna meningkatkan APK dan juga sebagai pengimplementasian Tri Dharma di Perguruan Tinggi.

Mou 2018

Turut hadir dalam acara ini yaitu Rektor Universitas Udayana yang diwakili oleh Warek IV Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Informasi Prof. Dr. Ida Bagus Wyasa Putra, SH., M.Hum, Rektor Universitas Pendidikan Ganesha Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., Rektor Universitas Mahasaraswati Dr. Drs. I Made Sukamerta, M.Pd, serta Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Primakara Drs. I Gusti Bagus Made Wiradharma, M.Si.

Kontributor: Cokorda Istri Sinta