Ada yang baru pada pelaksanaan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Masa Registrasi 2017/2018.2 ini. Selain dibaginya jumlah peserta menjadi dua tahap dan pembagian kuesioner evaluasi pelaksanaan OSMB sebagai bahan perbaikan, terdapat testimoni dari alumni UPBJJ-UT Denpasar dan sambutan hangat dari kehadiran Wakil Rektor (Warek) I . Tahap pertama OSMB berlangsung pada hari Minggu (11/2), diisi oleh tiga pemateri yang mumpuni di bidangnya masing-masing, meliputi: materi mengenai Sistem Belajar Jarak Jauh oleh Ibu Kepala UPBJJ-UT Denpasar Dra. B. Esti Pramuki S.K, M.Pd, Layanan Registrasi dan Pengujian oleh Penanggung Jawab Bidang (PJB) Registrasi dan Pengujian (Regjian) Bapak Ahmad Rudyono, SE, serta materi Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar yang di lanjutkan dengan pembagian kelompok menurut program studi masing-masing oleh oleh PJB Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA) Bapak Gede Suwardika S.Si, M.Si.

Alumni yang berkesempatan hadir pada saat itu adalah Made Satria Pramanda Putra S.E. Satria merupakan lulusan dari Program Studi Akuntansi dan saat ini sedang menempuh pendidikan Magister Manajemen di UPBJJ-UT Denpasar. Di depan 198 orang mahasiswa baru, Satria terlebih dahulu menanyakan kesiapan mahasiswa baru dalam menghadapi kultur belajar yang akan sangat berbeda dengan belajar secara kovensional atau tatap muka, dan menekankan pada mahasiswa baru untuk tetap mempertahankan semangat belajar karena cobaan dalam belajar mandiri adalah niat dan semangat yang tidak boleh redup.

OSMB NP 20181 h1

Pada 13.00 WITA acara orientasi studi mahasiswa baru di lingkungan UPBJJ-UT Denpasar kedatangan Wakil Rektor I yaitu Dr. Mohamad Yunus, S.S, M.A. Beliau berkesempatan hadir dan menyapa mahasiswa baru peserta OSMB. Dalam kesempatan yang baik ini Beliau menghimbau kepada mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan Edukasi Kegiatan Belajar Mandiri (EKBM). EKBM akan sangat penting untuk menghadapi perkuliahan secara mandiri di UT, mengubah mindset menjadikan masalah sebagai suatu tantangan, termasuk menghadapi era dan cara belajar yang akan sangat jauh berbeda di UT, juga jangan cepat puas dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan nilai yang pas-pasan. Bertempat di Hotel Grand Santhi Denpasar, acara yang dimulai 09.00 WITA ini kemudian ditutup pada pukul 16.30 WITA dengan pendaftaran Edukasi Kegiatan Belajar Mandiri (EKBM) bagi mahasiswa baru.

Memasuki Tahap Kedua (18/2), sejumlah 249 orang mahasiswa baru dari berbagai Program Studi di Fakultas Ekonomi (FE) hadir di Hotel Grand Santhi untuk mengikuti OSMB. Selain materi dan pemateri yang masih sama dengan pelaksanaan OSMB Tahap I, ada penambahan materi mengenai Konsep Belajar Mandiri oleh Ibu Dra. Hendrin Hariati Sawitri, M.Si. Pada kesempatan ini ada dua bersaudara alumni UT yang hadir untuk memotivasi mahasiswa baru, yakni Diana Perama Aryati, S.E, M.M dan Desak Dewi Supartini, S.E, M.M.

OSMB NP 20181 h1 1

Keduanya merupakan alumni Program Sarjana Akuntansi dan Magister Manajemen di UPBJJ-UT Denpasar. Keterbatasan fisik tidak membuat Diana menyerah untuk belajar, terbukti Direktur dari Perama Tour and Travel yang berkedudukan di Kuta ini berhasil meraih IPK 3.6 dan lulus tepat pada waktunya. Diana dan Dewi adalah contoh dua bersaudara yang patut untuk diteladani oleh mahasiswa baru untuk terus bersemangat dalam belajar apapun halangannya. Mereka menyampaikan bahwa jadikan teman atau saudara sebagai motivasi untuk terus memacu diri dan tidak kalah bersaing secara positif. Setelah pengenalan berbagai laman UT yang dapat diakses oleh mahasiswa, acara ditutup pukul 17.00 WITA dengan pengumpulan angket dan pendaftaran EKBM bagi mahasiswa baru peserta OSMB Tahap Kedua.

 

Kontributor: Cokorda Istri Sinta