osmb 20192 semua

Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Universitas Terbuka merupakan kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing UPBJJ setiap semester. Pada semester 2019/20.1 ini UPBJJ-UT Denpasar menyelenggarakan OSMB di dua lokasi berbeda, yakni Kota Jembrana dan Denpasar. OSMB Program Sarjana dan Diploma Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, di Kabupaten Jembrana yang dilaksanakan di Hotel Jimbarwana (06/09) dibuka langsung oleh Ibu Direktur UPBJJ-UT Denpasar, Dra. B. Esti Pramuki S.K, M.Pd. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan sistem pembelajaran jarak jauh di Unversitas Terbuka kepada mahasiswa baru UT yang melakukan registrasi di periode 2019.2. Acara yang dihadiri total 300an orang mahasiswa yang dinaungi oleh tiga kelompok belajar (Pokjar), Pokjar Jalak Putih, Pokjar Makepung, dan Merpati sangat antusias diikuti oleh para mahasiswa.  Setiap tahunnya jumlah mahasiswa di Kota Jembrana terus mengalami peningkatan, dan merupakan jumlah mahasiswa terbanyak kedua setelah Kota Denpasar, yang menandakan UT semakin dikenal dan semakin diterima oleh masyarakat Jembrana untuk melanjutkan pendidikan tingginya.

OSMB 20192 Negara semua

Di Kota Denpasar, Pembukaan OSMB diwakili oleh Manager BBLBA UT Denpasar, Bapak Gede Suwardika, S.Si., M.Si. pada OSMB kali ini dibagi kedalam 4 sesi OSMB yang dilaksanakan pada tanggal 7-8 dan 14-15 September yang bertempat di Hotel Grand Santi, Denpasar. Kegiatan OSMB ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru UT, selain pengenalan perkuliahan di Universitas terbuka dengan pembelajaran jarak jauh yang berbeda dengan kampus konvensional lainnya, juga berisikan berbagai materi tentang Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar, serta Registrasi dan Ujian yang disampaikan oleh penanggung jawab di setiap bidangnya.

osmb 20192 dps 1

 

Pada OSMB kali ini, UT juga mengisi satu sesi dengan materi Bela Negara, yang diisi langsung oleh tokoho TNI setempat. Pada OSMB di Kabupaten Jembrana, materi bela Negara diisi oleh Dandim 1617/Jembrana, Letkol Kav Djefri Marsono Hanok. Untuk sesi Bela Negara di Kota Denpasar  tanggal 7-8 September diisi oleh Mayor Infantri Wayan Notes, S.Sos Pasi Ter Korem 163/Wirasatya dan tanggal 14-15 September diisi Mayor Infantri I Gusti Made Sweda, S.Ag Pasi Ter Korem 163/Wirasatya. Para pemateri memaparkan prinsip dasar bela negara kepada para mahasiswa baru UT Denpasar. Pemateri juga mengungkapkan pentingnya memiliki semangat bela negara pada diri pribadi, karena tidak hanya TNI yang berkewajiban menjaga kedaulatan NKRI, tetapi seluruh komponen masyarakat Indonesia mempunyai kewajiban yang sama. Selain materi tersebut, OSMB juga diisi dengan materi Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar serta materi Registrasi dan Ujian yang diharapkan mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang lingkungan dan sistem pembelajaran di UT bagi para mahasiswa/i baru.

 

Kontributor : Kadek Masakazu