Patut2019 5 edit

Tutorial merupakan salah satu layanan bantuan belajar yang diberikan kepada mahasiswa UT di setiap pokjar. Salah satu manfaatnya utamanya adalah dapat membantu mahasiswa untuk memecahkan masalah (problem solving) yang dihadapi dalam mempelajari modul dan menambah pengayaan mahasiswa terhadap materi sekaligus dapat meningkatkan tingkat kelulusan mahasiswa. Mengingat pentingnya peran dan fungsi tutorial tersebut, maka tentunya dibutuhkan tenaga tutor yang memiliki kompetensi sesuai bidang keahliannya. Tidak hanya itu, tutor juga harus mampu mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk disiplin terhadap waktu dan belajar mandiri agar dapat menangani kendala yang dihadapinya dalam proses belajar.

Ketersediaan tenaga tutor yang berkompetensi tersebut sangat disadari oleh UT Denpasar. Untuk mewujudkannya, sejak awal UT Denpasar telah berupaya meningkatkan kompetensi tenaga tutor yang ada di UT Denpasar secara rutin dan berkala melalui Pelatihan Tutor - Universitas Terbuka (PATUT-UT).

Program Pelatihan Tutor Tutorial Tatap Muka Universitas Terbuka (Pelatut TTM UT ) dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar bagi setiap tutor agar mampu mengelola tutorial secara aktif, partisipatif sesuai dengan konsep dan prinsip belajar mandiri yang merupakan karakter dari pendidikan tinggi jarak jauh (PTJJ). Selain itu, tutor UT yang banyak berasal dari dosen perguruan tinggi reguler tatap muka (non PTJJ), kegiatan Pelatut TTM UT ini juga dimaksudkan untuk menyamakan persepsi tutor tentang esensi aktivitas tutorial untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tutorial dan layanan bantuan belajar bagi para mahasiswa UT.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari di Hotel Grand Santhi Denpasar tanggal 23 – 25 Maret 2019, dibuka oleh Direktur UT Denpasar Dra. B. Esti Pramuki,M.Pd, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tutor UT adalah kepanjangan tangan UT dalam membantu layanan bantuan belajar bagi mahasiswa UT. Pada kegiatan ini UT-Denpasar juga mendatangkan narasumber dari UT-Pusat yaitu Drs. Jamaludin,M.Si. Karena itu para tutor yang melaksanakan aktivitas tutorial dengan baik akan sekaligus menjadi promosi tersendiri terkait dengan kualitas proses pembelajaran UT. Hal ini berkontribusi dalam pencapaian salah satu misi UT Denpasar yaitu “Menjadi Model Layanan Unggulan Penyelenggarakan Sejumlah Program Pendidikan yang Sesuai dengan Kekuatan Lingkungan UPBJJ UT”.

 Patut2019 1

Peserta pelatihan adalah calon tutor UPBJJ UT Denpasar sebanyak 30 orang yang berasal dari berbagai daerah diwilayah UPBJJ UT Denpasar, yaitu yang berasal dari Negara 3 orang, Karangasem 7 orang, Denpasar 4 orang, Gianyar 2 orang, Buleleng 5 orang, Nusa Penida 3 orang, Klungkung 2 orang, Tabanan 3 orang, dan Badung 1 orang

Bahan Pelatihan didesain dan dikembangkan oleh Tim PAU-PPI UT untuk digunakan sebagai referensi utama dalam penyelenggaraan Program Pelatihan Tutor di UPBJJ-UT Denpasar. Ada 15 materi pelatihan yaitu: 1. Ruang Lingkup Tutorial tatap Muka dan program Pelatihan Tutor, 2 Konsep SPTJJ, 3. Konsep dan Prinsip Belajar Mandiri, 4. Strategi Belajar Mandiri; 5. Pengembangan KIT Tutorial; 6. Pengembangan Rancangan Aktivitas Tutorial (RAT); 7. Pengembangan Rancangan Acara Tutorial (SAT); 8 Pembelajaran Aktif dalam Tutorial; 9 Keterampilan Dasar Tutorial; 10. Ragam Metode Pembelajaran; 11 Tugas Tutorial; 12 Perencanaan Tugas Tutorial; 13 Teknis Praktik Tutorial Mini; 14 Prinsip Pengembangan Bahan Presentasi; dan 15. Praktek Entry nilai tutorial.

 

Patut2019 4 edit Patut2019 3 edit

Pada akhir pelatihan sebagai produk dari kegiatan Pelatut TTM UT, semua peserta wajib mengumpulkan kit tutorial yang telah dibuat sesuai dengan matakuliah yang diampu oleh masing masing peserta/tutor.