e seminar 2019

Dipenghujung akhir Tahun 2019 tepatnya hari Rabu 06 November 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka kembali mengadakan seminar dengan tema “Pajak dan Perekonomian: Memicu Kepatuhan, Memacu Pertumbuhan” dengan pembicara Dr. Fauzan Misra, S.E., M.Sc., Ak., CA. Seminar ini diadakan dengan modus e-Seminar melalui video conference dimana pembicara seminar berada di UPBJJ-UT Padang, oderator berada di FE UT Pusat, dan peserta seminar berada di masing-masing kantor UPBJJ.

Pada kesempatan tersebut mahasiswa UPBJJ-UT Denpasar dari berbagai lintas prodi baik di lingkup Fakultas Ekonomi maupun Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ikut berpartisipasi sebagai peserta seminar yang diadakan di ruang Video Conference UPBJJ UT Denpasar.

e seminar1 2019

Kegiatan ini sangat antusias oleh mahasiswa UT Denpasar. Dalam seminar ini pembicara banyak memberikan wawasan bagi mahasiswa terkait perpajakan dan implikasinya terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dr. Fauzan juga membahas berbagai tema yang hangat untuk dapat diangkat  oleh mahasiswa untuk dijadikan referensi penulisan karya ilmiahnya. Diharapkan dengan diadakannya seminar tentang pajak ini menambah wawasan bidang pajak bagi para mahasiswa di UPBJJ-UT Denpasar.

Kontributor: MADE RAI WIKAN PURWADHIKA, S.I.Pust

osmb 20192 semua

Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Universitas Terbuka merupakan kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing UPBJJ setiap semester. Pada semester 2019/20.1 ini UPBJJ-UT Denpasar menyelenggarakan OSMB di dua lokasi berbeda, yakni Kota Jembrana dan Denpasar. OSMB Program Sarjana dan Diploma Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Sains dan Teknologi, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, di Kabupaten Jembrana yang dilaksanakan di Hotel Jimbarwana (06/09) dibuka langsung oleh Ibu Direktur UPBJJ-UT Denpasar, Dra. B. Esti Pramuki S.K, M.Pd. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan sistem pembelajaran jarak jauh di Unversitas Terbuka kepada mahasiswa baru UT yang melakukan registrasi di periode 2019.2. Acara yang dihadiri total 300an orang mahasiswa yang dinaungi oleh tiga kelompok belajar (Pokjar), Pokjar Jalak Putih, Pokjar Makepung, dan Merpati sangat antusias diikuti oleh para mahasiswa.  Setiap tahunnya jumlah mahasiswa di Kota Jembrana terus mengalami peningkatan, dan merupakan jumlah mahasiswa terbanyak kedua setelah Kota Denpasar, yang menandakan UT semakin dikenal dan semakin diterima oleh masyarakat Jembrana untuk melanjutkan pendidikan tingginya.

OSMB 20192 Negara semua

Di Kota Denpasar, Pembukaan OSMB diwakili oleh Manager BBLBA UT Denpasar, Bapak Gede Suwardika, S.Si., M.Si. pada OSMB kali ini dibagi kedalam 4 sesi OSMB yang dilaksanakan pada tanggal 7-8 dan 14-15 September yang bertempat di Hotel Grand Santi, Denpasar. Kegiatan OSMB ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru UT, selain pengenalan perkuliahan di Universitas terbuka dengan pembelajaran jarak jauh yang berbeda dengan kampus konvensional lainnya, juga berisikan berbagai materi tentang Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar, serta Registrasi dan Ujian yang disampaikan oleh penanggung jawab di setiap bidangnya.

osmb 20192 dps 1

 

Pada OSMB kali ini, UT juga mengisi satu sesi dengan materi Bela Negara, yang diisi langsung oleh tokoho TNI setempat. Pada OSMB di Kabupaten Jembrana, materi bela Negara diisi oleh Dandim 1617/Jembrana, Letkol Kav Djefri Marsono Hanok. Untuk sesi Bela Negara di Kota Denpasar  tanggal 7-8 September diisi oleh Mayor Infantri Wayan Notes, S.Sos Pasi Ter Korem 163/Wirasatya dan tanggal 14-15 September diisi Mayor Infantri I Gusti Made Sweda, S.Ag Pasi Ter Korem 163/Wirasatya. Para pemateri memaparkan prinsip dasar bela negara kepada para mahasiswa baru UT Denpasar. Pemateri juga mengungkapkan pentingnya memiliki semangat bela negara pada diri pribadi, karena tidak hanya TNI yang berkewajiban menjaga kedaulatan NKRI, tetapi seluruh komponen masyarakat Indonesia mempunyai kewajiban yang sama. Selain materi tersebut, OSMB juga diisi dengan materi Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar serta materi Registrasi dan Ujian yang diharapkan mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang lingkungan dan sistem pembelajaran di UT bagi para mahasiswa/i baru.

 

Kontributor : Kadek Masakazu

Disporseni 3 2019 resize

Jakarta 29 Agustus 2019 bertempat di Universitas Terbuka Pondok Cabe Tangerang telah diadakan pembukaan DISPORSEI NASIONAL Universitas Terbuka, dalam upaya untuk memfasilitasi pengembangan bakat dan minat yang dimiliki mahasiswa dan sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar sesama mahasiswa UT dari berbagai daerah di Indonesia secara nasional, maka Universitas Terbuka menyelenggarakan kegiatan secara rutin yang disebut DISPORSENI NASIONAL atau Diskusi Ilmiah Pekan Olah Raga dan Seni, acara ini diselenggarakan juga disamping rangkaian kegiatan Dies Natalis Universitas Terbuka yang ke 35 Tahun pada tahun 2019 ini diadakan di Universitas Terbuka Pusat Pondok Cabe yang diikuti oleh 39 UPBJJ seluruh indonesia dan 1 Pengelola luar negeri serta 8 Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta.

 

Disporseni 4 2019 resize

Partisipasi UPBJJ Universitas Terbuka Denpasar dalam acara ini telah mengirimkan kontingen sebanyak 11 orang mahasiswa. Sebelum pelaksanaan kegiatan DISPORSENI UPBJJ Universitas Terbuka Denpasar telah mempersiapkan peserta sesuai bidangnya masing-masing yaitu pada bidang Seni Tari, Seni Suara, Diskusi Ilmiah, ITI, bidang Olahraga Bulu Tangkis dan Olahraga Tenis Meja masing masing sejumlah 2 Orang.

 

Kontributor : Arik Suardika

 Tanggal 4 september 2019, universitas Terbuka genap berumur 35 Tahun. Perayaan Dies Natalis UT yang ke-35 UPBJJ UT Denpasar kali ini dilaksananakan di Kota Jembrana yang dikoordinir oleh Pokjar Jalak Putih Jembrana, bertempat di lapangan Umum Jembrana (Minggu, 08/09). Perayaan ini merupakan rangkaian dari puncak acara Dies Natalis yang telah dilakukan pada tanggal 4 september 2019 lalu, di kampus UT Pusat, Pondok Cabe, Tangsel dengan tema “Mengukuhkan Konektivitas Bangsa di Era Siber”. Perayaan Dies Natalis ke-35 ini dibuka dengan sambutan Ibu Direktur UPBJJ-UT Denpasar, Dra. B. Esti Benedicta S.K. M.Pd., dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. Acara pun kemudian dilanjutan dengan simbolis penerbangan balon ke udara.

die natalis 2019 semua edit

 

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa UT Pokjar Jembrana, tutor, dan pengurus pokjar berlangsung semarak. Kegiatan ini pun dimeriahkan dengan kegiatan senam bersama, lomba dance antar SMA/SMK se-Kabupaten Jembrana, lomba berbusana adat, dan lomba-lomba lainnya yang diikuti oleh para mahasiswa.  Selain itu ada booth donor darah dari PMI Jembrana, juga berbagai stand kuliner.

 

Kontributor : Kadek Masakazu

literasi perpus digital

Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Denpasar, mengadakan Literasi Pemanfaatan Digital Library, yang dilaksanakan di Gedung UPBJJ Denpasar, pada 10 Agustus 2019, di Jl. Gurita 11 Sesetan. Acara ini dihadiri mahasiswa UT Denpasar baik mahasiswa yang baru melakukan registrasi di semester baru ini juga mahasiswa lama. Dalam kesempatan ini, dihadiri langsung oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan UT Pusat, Ibu Dra. Asnah Marlina Nellawaty Limbong, M.Si, yang bertujuan untuk mengenalkan lebih lanjut perpustakaan digital UT, yang dapat diakses melalui laman www.pustaka.ut.ac.id , kepada para mahasiswa UT Denpasar.

Ibu Asnah, menuturkan banyak fasilitas dan fitur yang dapat dieksplor di dalam Perpustakaan Digital UT ini seperti, Ruang Baca Virtual (RBV), E-resources (e-book dan e-journal), dan Suaka-UT (UT-Radio, UT Televisi, dan media lainnya yang dapat diakes secara terbuka oleh siapapun). Pada kesempatan ini, beliau juga memberikan pelatihan singkat untuk mengakses koran digital, E-book, E-journal, hingga ruang baca virtual yang dapat diakses dengan NIM dan email ecampus yang dimiliki oleh mahasiswa. Acara ini dijadikan kesempatan para mahasiswa untuk bertanya lebih jauh mengenai fasilitas-fasilitas Perpustakaan digital UT kepada Ibu Asnah.

 

literasi perpus digital2

 

Karena dirasa masih banyak mahasiswa UT yang belum memanfaatkan media digital untuk mendukung proses pembelajarannya. Acara Literasi pemanfaatan Perpustakaan digital ini diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan UT, serta meningkatkan minat baca para mahasiswa yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja dari dalam ponsel mahasiswa.

 

Kontributor : Kadek Masakazu